Senin, 23 Mei 2016

Si Merah Yang Luar biasa


Assalamualllaikum wr wb .

Darah?apa yang sekilas anda bayangkan tentang darah?



Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup(kecuali tumbuhan) tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dengan kata hemo- atau hemato- yang berasal dari bahasa Yunani haima yang berarti darah (sumber Wikipedia )

Selain itu dalam darah juga memiliki bebrapa golongan, misalkan golongan A, golongan B, golongan AB dan golongan O. Darah juga memiliki system peredaran darah yang sangat rumit tetapi Allah menciptakanya dengan sungguh luar biasa.

Dalam peredaran darah memiliki tiga alat yang membantu proses tersebut yaitu jantung, pembuluh darah dan darah, peredaran darah manusia terdiri dari dua jenis yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil

  • Peredaran Darah Kecil :
Istilah peredaran darah kecil sering kali disebut dengan peredaran darha pulmonalis dimana jalur aliran darah di dalam tubuh lebih pendek yaitu dimulai dari Jantung – Paru – Paru – jantung Kembali. Nah berikut ini jalur peredaran darah kecil secara lengkap.
Dimulai dari darah mengalir melalui Jantung bagian ventrikel kanan (bilik kanan), kemudian darah menuju arteri pulmonalis, Kemudian darah masuk ke dalam Paru – paru. dari paru – paru darah bergerak mengalir melalui vena pulmonalis menuju ke jantung tepatnya di bagian serambi kiri (atrium kiri).
  • Peredaran Darah besar :
Istilah peredaran darah besar sering kali disebut sebagai peredaran darah sistemik. Adapun jalur peredaran daranya cukup jauh karena melalui seluruh tubuh. Secara singkat peredaran darah besar dimulai dari Jantung – Seluruh Tubuh – Jantung. Nah penjabarannya sebagai berikut :


Darah yang mengandung oksigen tinggi bergerak dari ventrikel kiri (bilik kiri). dari sini kontraksi menyebabkan katub aorta terbuka. dari aorta darah mengalir ke seluruh tubuh melalui arteri yang terhubung ke seluruh tubuh anda sehingga darah yang kaya akan oksigen dapatt tersalurkan ke wilayah yang membutuhkan. Setelah tiba di bagian pembuluh kapiler maka terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida. Darah yang mengandung karbondioksida bergerak kembali menuju ke vena cava. darah yang terdapat pada bagian bawah jantung anda akan bergerak ke vena cava inferior, adapun darah yang terdapat pada bagian atas jantung akan bergerak ke vena cava superior.

Begitu rumitnya peredaran darah manusia, sungguh maha besar Allah atas segala kuasanya semoga kita dapat mengambil pelajaran dari sedikit cerita diatas..

Wassalamuallaikum wr wb
Mutiara Hati Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

2 komentar: